APLIKASI ALJABAR LINEAR DALAM BIDANG TEKNIK INFORMATIKA



Aplikasi Persamaan Linear & Aplikasi Vektor Processor

Persamaan Linear adalah persamaan matematika atau aljabar yang memiliki satu atau lebih variabel, tanda sama dan ekspresi linier. Para Iteratif Metode adalah salah satu pendekatan yang baik dalam memecahkan persamaan linier. Sebuah beragam teknik yang digunakan dalam mendapatkan solusi yang lebih akurat untuk sistem linier.
Persamaan linear terdiri dari variabel sederhana seperti x dan y atau huruf dalam alfabet, bersama dengan tanda-tanda yang sama dan ekspresi. Setiap variabel dapat menjadi konstan atau produk dari sebuah konstanta.

Pengertian Vector processor adalah prosesor dapat bekerja serentak untuk proses penghitungan vektor. Aspek kunci dari sebuah vector processor adalah satu intruksi ganda data (SIMD). Dukungan SIMD hasil dari jenis data yang didukung oleh set intruksi dan bagaimana intruksi beroperasi pada data.
Sebuah vektor prosesor, atau array prosesor, adalah sebuah CPUdimana desain set instruksi meliputi operasi yang dapat melakukan operasi matematika di beberapa elemen data secara bersamaan. Ini
berlawanan denganprosesor skalar, yang menangani satu elemen pada suatu waktu menggunakan beberapa petunjuk. Mayoritas CPU adalah skalar (atau dekat dengan itu). Prosesor vektor biasa digunakan dalam komputasi ilmiah, di mana mereka membentuk dasar dari kebanyakan superkomputer di tahun 1980 dan tahun 1990-an, tapi secara umum peningkatan kinerja dan desain vector prosesor jika dilihat dari dekat, membuat prosesor ini menghilang  sebagai CPU untuk keperluan umum.
Hari ini, sebagian besar komoditi termasuk desain CPU memiliki instruksi tunggal untuk beberapa pemrosesan yang disebut vektor rangkap (Vectorised), biasanya dikenal sebagai SIMD (Single Intruction Multiple Data), contoh yang umum termasuk SSE dan AltiVec. Modern,  video game  danhardware grafis sebuah komputer sangat bergantung pada pemrosesan dalam arsitektur mereka. Pada tahun 2000, IBM, Toshiba dan Sony bekerja sama untuk menciptakan prosesor Cell, yang terdiri dari satu prosesor skalar dan delapan prosesor vektor, yang dapat ditemukan penggunaannya di SonyPlayStation 3 satu di antara aplikasi lain.
 Desain CPU lainnya dapat mencakup beberapa beberapa petunjuk untuk pemrosesan vektor rangkap (Vectorised) kumpulan data, biasanya dikenal sebagai MIMD (Multiple Instruction Multiple Data), desain seperti ini sangat khusus dan halus penggunaanya untuk tujuan khusus dan hal ini tidak umumnya dipasarkan untuk tujuan umum aplikasi.
Pendekatan yang lebih maju bukan banyaknya aktif instruksi secara paralel tapi  keanekaragaman aktif secara berurutan, yang mengarah ke konsep pipelining.

Oleh : Manase Rumahombar (120170118)


No comments

Leave a Reply

Blogger news

Blogroll

About