Aplikasi Aljabar Linear dalam Bidang Teknik Informatika


Aplikasi Vektor
Seni vektor tumbuh seiring perkembangan teknologi komputer. Setelah penggunaan PC (personal computer) menjadi lazim pada tahun 1980-an, muncul kebutuhan untuk meningkatkan fungsinya bagi kebutuhan yang lebih spesifik, salah satunya sebagai penunjang desain grafis. 


Kemampuan komputer yang mula-mula hanya dapat mengolah teks dan kemudian gambar berbasis piksel—serangkaian titik yang dapat digabungkan membentuk obyek, mengalami perubahan besar ketika mampu mengolah gambar berbasis vektor—rangkaian garis yang kemudian digabung menjadi bentuk tertentu. Olah vektor memungkinkan ukuran gambar diperbesar dan diperkecil tanpa menjadikannya pecah seperti yang biasa terjadi pada gambar berbasis  piksel. Munculnya piranti lunak untuk mengolah vektor, secara singkat, melahirkan era ilustrasi digital, di mana layar komputer menjelma kanvas, tablet grafis setara palet dan pena digital menjadi kuas.

Contoh : Untuk menentukan letak suatu titik dalam suatu bidang datar Dapat menggunakan koordinat kutub. Ambil suatu garis lurus (sumbu khutub) dan tentukan titik tetap O sebagai Kutub. Misal diketahui sebuah titik T. untuk menyatakan letak T: -Ditarik garis OT -Tentukan sudut antara OT dan OX = θ -Tentukan panjang OT = r
Keterangan: -θ adalah sudut khutub -r adalah vektor radius atau jari-jari penunjuk. -r dan θadalah koordinat-koordinat khutub dari T, ditulis T (r, θ)


oleh : Sayed Khaidir (120170114)

No comments

Leave a Reply

Blogger news

Blogroll

About